selamat datang di blog GPdI Klaten | Ibadah Paskah - Jumat, 29-3-2024 jam 07:00 (1 sesi) | Ibadah Kebangkitan - Minggu, 31-3-2024 jam 07:00 (1 sesi) | Ibadah Raya 1 - Minggu jam 07:00 | Ibadah Raya 2 - Minggu jam 18:00 | Ibadah Sekolah Minggu jam 7:30 | Ibadah Penyembahan & Doa Puasa - Kamis jam 18:00

Rabu, 03 Juni 2015

PEREMPUAN CERDAS

Mari kita belajar dari Ratu Ester. Bagaimana dalam sekejab mata Ester yang tadinya adalah gadis biasa, tiba-tiba bisa menjadi ratu kesayangan Raja Ahasweros. Apasih rahasianya?

Kita bisa membaca dalam kitab Ester, bahwa dalam proses persiapan pencalonan ratu, si Ester muda bisa mengambil hati Hegai terlebih dulu. Hegai adalah orang kepercayaan raja dan memiliki pengaruh yang kuat dalam kaitannya dengan keputusan yang akan diambil oleh raja.

Perhatikan baik-baik, Ester pandai sekali membangun hubungan dan membuat orang lain suka kepadanya. Perkataannya, sikapnya dan perbuatan Ester sangat baik pada pemandangan Hegai dan menimbulkan kasih sayangnya.

Kunci cerdas 1 (Ester 2:8-9)
Membangun hubungan dengan orang lain melalui perkataan, sikap dan perbuatan yang dinilai baik dalam pemandangan Tuhan dan manusia. Sikap seperti ini akan menimbulkan kasih sayang. Ini yang akan menggerakkan hati orang lain untuk membantu kita, membukakan jalan bagi kita, memperkenalkan kita dengan pihak yang sangat penting untuk kemajuan kita, bahkan memberkati kita secara luar biasa.

Kunci cerdas 2 (Ester 2:15)
Membangun hubungan tanpa mengedepankan kesukaan diri sendiri, melainkan mencari kesukaan orang lain. Cara ini terbukti menimbulkan kasih sayang dari semua orang yang berinteraksi dengan Ester. Orang-orang bahkan seolah berlomba membukakan jalan bagi Ester dan mendukung dia.

Jenis hubungan yang harus dibangun :
  1. Hubungan dengan Tuhan : Mengapa kita harus membangun hubungan dengan Tuhan? Sederhana saja! Karena Tuhan adalah sumber dari segala sesuatu. Tuhanlah yang berkuasa mengangkat dan memahkotai kita dengan kebaikan, anugerah dan kasih karunia. Oleh karena itu, kita harus selalu menyenangkan hati Tuhan!
  2. Hubungan dengan sesama manusia : Mengapa kita harus membangun hubungan dengan sesama manusia? Sebab cara Tuhan untuk memberkati kita adalah melalui manusia, melalui hubungan-hubungan yang ada di sekeliling kita. Itu sebabnya kalau kita tidak mau membangun hubungan yang baik, maka kita merugikan diri kita sendiri dan menutup pintu berkat dari Tuhan yang sebenarnya sedang siap dicurahkan ke dalam kehidupan kita.
Setelah kita menyadari bahwa cara Tuhan memberkati kita adalah melalui hubungan-hubungan yang ada di sekeliling kita, mari kita belajar membangun hubungan yang baik, sama seperti yang telah dilakukan oleh Ester. Mari belajarlah untuk menyenangkan hati Tuhan dan sesama manusia! Sehingga kita disukai oleh Tuhan dan sesama manusia.

Orang yang disukai oleh Tuhan dan sesama manusia seperti ini, akan menerima anugerah dan kasih karunia yang besar : pintu-pintu yang tertutup pun akan dibukakan, hal-hal yang seharusnya mustahil bisa menjadi tiada mustahil dan mahkota-mahkota yang indah dikenakan atas hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gold Cross