selamat datang di blog GPdI Klaten | Ibadah Paskah - Jumat, 29-3-2024 jam 07:00 (1 sesi) | Ibadah Kebangkitan - Minggu, 31-3-2024 jam 07:00 (1 sesi) | Ibadah Raya 1 - Minggu jam 07:00 | Ibadah Raya 2 - Minggu jam 18:00 | Ibadah Sekolah Minggu jam 7:30 | Ibadah Penyembahan & Doa Puasa - Kamis jam 18:00

Jumat, 22 Mei 2015

TUJUAN DAN MANFAAT PENCURAHAN ROH KUDUS

Tuhan memiliki rencana besar dan komprehensif dalam hal keselamatan umat manusia. Sejak dari kejatuhan manusia dalam dosa, penebusan, penjangkauan, pemeliharaan dan penjemputan. Saat ini setelah kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga, dunia dan orang percaya tidak ditinggalkan begitu saja dan Tuhan tidak berhenti bekerja dan berkarya di dunia ini. Bahkan sebaliknya, Tuhan melanjutkan karya yang telah digenapi sebelumnya dengan memberikan Roh Kudus-Nya.
Roh Kudus yang dicurahkan ke dunia dan dalam hidup orang yang telah percaya dan menerima Tuhan Yesus ini mempunyai misi sebagai berikut:

BAGI DUNIA :
  1. Masih ada Pribadi Tuhan yang bekerja (Yohanes 16:8-10) "Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;"
  2. Menyaksikan Tuhan Yesus (Yohanes 15:26) "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku."

BAGI ORANG PERCAYA : 
  1. Menyertai dan tinggal (1 Korintus 6:19). "Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, -- dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?"
  2. Menolong dalam kelemahan dan berdoa syafaat (Roma 8:26). "Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.
  3. Memberikan rhema (Yohanes 14:26). "tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu".
  4. Menguatkan dalam pengharapan (Roma 15:13). Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.
  5. Pembukaan Firman (1 Korintus 2:10). "Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah."
  6. Memberikan Nubuatan. Apa yang akan terjadi (Kisah Para Rasul 20:23). "selain dari pada yang dinyatakan Roh Kudus dari kota ke kota kepadaku, bahwa penjara dan sengsara menunggu aku." Mengenai masa depan (Kisah Para Rasul 21:11). "Ia datang pada kami, lalu mengambil ikat pinggang Paulus. Sambil mengikat kaki dan tangannya sendiri ia berkata: "Demikianlah kata Roh Kudus: Beginilah orang yang empunya ikat pinggang ini akan diikat oleh orang-orang Yahudi di Yerusalem dan diserahkan ke dalam tangan bangsa-bangsa lain."
  7. Pelayanan
  • Meneguhkan kesaksian (1 Korintus 2:4). "Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh,"
  • Memberi kuasa untuk menjadi saksi (Kisah Para Rasul 1:8). "Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."
  • Memberi karunia (Kisah Para Rasul 2:38) "Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus."
  • Memilih & menetapkan pelayan untuk suatu tugas (Kisah Para Rasul 13:2). "Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka." (Kisah Para Rasul 20:28) "Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri."
  • Memberi strategi pelayanan (Kisah Para Rasul 16:6). "Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia."

BAGI GEREJA : 
  1. Pertumbuhan (Kisah Para Rasul 9:31). "Selama beberapa waktu jemaat di seluruh Yudea, Galilea dan Samaria berada dalam keadaan damai. Jemaat itu dibangun dan hidup dalam takut akan Tuhan. Jumlahnya makin bertambah besar oleh pertolongan dan penghiburan Roh Kudus."
Jadi Roh Kudus melanjutkan karya Tuhan Yesus dalam konteks keselamatan, baik dalam penjangkauan - pemeliharaan - persiapan dan penggenapannya. Kita yang telah percaya dan menerima Tuhan Yesus dan karyaNya maka kita dilahirkan kembali menjadi ciptaan yang baru dan Roh Kudus tinggal dalam diri kita untuk membantu kita menerima penuh janji keselamatan kita dan memampukan kita untuk menjadi bagian rencana Tuhan, yaitu menjadi partner-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gold Cross